Pesona Balekambang Yang Tak Hilang Sampai Sekarang

Pesona Balekambang Yang Tak Hilang Sampai Sekarang

Pantai balekambang merupakan salah satu pantai pertama yang ada di Malang selatan. Objek ini terletak di Wilayah Dusun Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Pantai Balekambang dibuka dan diresmikan sejak tahun 1985 dan tetap eksis sampai sekarang. Untuk menuju ke Pantai Balekambang, anda harus menempuh jarak sekitar 56 Km atau 2 jam perjalanan dari Kota Malang. Akses jalan menuju Pantai ini untuk sekarang ini agak kurang bagus dikarenakan adanya proyek pembangunan Jembatan di Jurang Mayit dan Jalur Lintas Selatan (JLS). Dengan demikian, diharapkan pengunjung agar berhati-hati karena banyak jalan yang rusak akibat mobil yang membawa material pembangunan dan juga jalannya yang menanjak dan berkelok. Namun jangan khawatir, disepanjang perjalanan anda akan disuguhi pemandangan alam yang indah.

Pantai Balekambang merupakan pantai yang memiliki pesona yang indah dan memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan pantai yang lain. Objek wisata ini memiliki salah satu keunikan, yaitu terdapat beberapa batu karanf besar yang oleh masyarakat sekitar menyebutnya dengan pulau,  seperti Pulau Anoman, Wisanggeni dan ismoyo yang mana ketiganya disambung dengan jembatan. Pada pulau ismoyo terdapat sebuah pura yang terletak diatas batu karang, sehingga banyak wisatawan yang menyebut pantai balekambang ini dengan “Tanah Lot” yang ada di Bali.

Pura ini biasanya dijadikan sebagai tempat Upacara surohan dan upacara Jalanhidi Puja setiap tahunnya yang mana upacara ini merupakan upacara ummat Hindu yang dilaksanakan di Pantai Balekambang. Untuk memasuki wilayah Pura, tidak semua orang bisa masuk, karena pura ini merupakan tempat yang sakral. Terdapat beberapa aturan dan larangan, yaitu dilarang masuk bagi wanita yang sedang menstruasi dan keluarga ada yang meninggal dunia sebelum 7 hari.

Rute menuju lokasi juga sudah sangat mudah, karena pantai balekambang ini merupakan salah satu wisata unggulan di Kabupaten Malang, sehingga banyak petunjuk arah menuju objek wisata ini. Ketika anda sudah memasuki pantai Balekambang, anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat eksotis dengan pantai berwarna biru yang sangat jernih, pasir putih terhampar sekitar 2 Km menjadikan pantai balekambang ini sangat istimewa. Memang saat ini di Pesisir Malang Selatan terdapat banyak pantai baru yang tidak kalah indahnya. Namun, pantai balekambang ini tetap eksis denga pesona pemandangannya yang eksotis.

Tiket masuk ke pantai balekambang yaitu sebesar Rp 10.000 pada hari biasa dan Rp 15.000 pada hari libur. Lokasi wisata ini juga tersedia lahan parkir yang luas sehingga aman untuk parkir kendaraan anda baik mobil maupun motor. Fasilitas yang disediakan disini sangat banyak mulai dari kamar mandi, toilet, musholla dan warung makan. Jangan khawatir bagi anda yang ingin menginap untuk bermalam di Pantai ini, karena sudah banyak disediakan penginapan dengan harga yang terjangkau dengan view yang langsung mengarah ke laut.

Selain itu biasanya pada hari libur terdapat pasar rakyat dimana masyarakat sekitar banyak menjual aneka hasil laut, perkebunan dan lainnya dengan harga yang murah, sehingga cocok untuk oleh-oleh keluarga dirumah. Di Pantai Balekambang juga terdapat spot foto dan permainan seperti ATV dan Flying Fox. Keunikan dari Flying Fox disini yaitu anda akan terbang melintasi laut mulai dari Pulau Ismoyo sampai daratan yang tentunya ini sangat menguji adrenalin kita. Namun wahana permainan ini hanya dibuka pada akhir pekan saja, sehingga disarankan apabila ingin mencoba paket lengkap fasilitas yang ada di pantai ini, berkunjunglah pada akhir pekan.

Kalau kalian yang suka dengan outdoor, maka ditempat ini sangat direkomendasikan, karena di objek wisata ini anda bisa bisa berkemah dan menyatu dengan alam sambil ngobrol bercanda dengan keluarga ataupun teman. Selain itu, jika anda bermalam di Pantai ini, anda jangan lupakan momen sunset disore hari dan sunrise di pagi hari. Lebih bagus lagi apabila anda mengambil kedua momen tersebut dengan berfoto di pulau ismoyo. Banyak wisatawan yang foto di pulau ismoyo pada saat sunset maupun sunrise dan diunggah ke media sosial masing-masing dan viral, sehingga anda akan sangat menyesal apabila tidak mengabadikan momen ini.

Tulisan Terkait

Tinggalkan balasan Anda di sini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *