Jelajah Wisata Di Ambarawa

Jelajah Wisata Di Ambarawa

Ambarawa merupakan bagian dari Kabupaten Semarang yang memiliki banyak tempat wisata. Letaknya yang dikelilingi gunung yaitu meliputi Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran menjadikan Ambarawa sebagai kota kecil yang memiliki pemandangan alam yang mampu memanjakan mata. Maka dari itu, di Ambarawa terdapat banyak tempat wisata alam. Selain wisata alam, di Ambarawa juga terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang bisa dikunjungi untuk mengingat kembali perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia di masa lalu. Berikut merupakan daftar tempat wisata yang dapat kamu kunjungi di Ambarawa:

  • Monumen Palagan Ambarawa

Monumen yang berlokasi di Jl. Mgr. Sugiyopranoto, Panjang Lor, Panjang, Kec. Ambarawa ini merupakan sebuah tempat yang dapat  kita kunjungi untuk mengenang kembali perlawanan rakyat Ambarawa terhadap penjajah di masa lalu bernama Palagan Ambarawa. Untuk memasuki Monumen Palagan Ambarawa, pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp7.500 per orang sedangkan untuk anak-anak di bawah umur tiga tahun tidak dikenakan tarif. Di tempat ini, terdapat berbagai benda peninggalan dari peristiwa Palagan Ambarawa yang menyimpan begitu banyak nilai sejarah di antaranya senjata perang, seragam perang, hingga kendaraan perang. Terdapat pula tugu peringatan yang berdiri gagah di dalamnya. Buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, pengunjung dapat berwisata sembari belajar di tempat kaya sejarah ini.

  • Museum Kereta Api

Museum ini berlokasi di Jl. Panjang Kidul No. 1, Panjang Kidul, Panjang, Kec. Ambarawa. Di sini, pengunjung dapat melihat koleksi perkeretaapian dari masa Hindia Belanda serta dapat menikmati kereta wisata untuk pulang pergi dengan jalur Ambarawa-Tuntang dan Jambu-Bedono. Anda juga dapat berfoto di setiap sudut museum karena tempat ini memang memiliki suasana yang estetik untuk diabadikan. Selain fasilitas utama, terdapat pula fasilitas lainnya seperti mushola, tempat makan, toilet, area parkir, hingga toko souvenir bagi anda yang ingin membelikan buah tangan seperti miniatur kereta api untuk orang terdekat anda. Anda dapat mengunjungi museum ini pada hari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Dengan membayar tiket sebesar Rp10.000 (per orang dewasa / mahasiswa) dan Rp5.000 (per anak-anak / pelajar), anda dapat bernostalgia di tengah-tengah kehidupan yang kian modern.

  • Kampoeng Rawa Ambarawa

Kampoeng Rawa Ambarawa berlokasi di Jl. Jend. M Sarbini, Kupangsari, Waduk Rawapening, Kec. Ambarawa. Dengan suguhan panorama alam, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner yang tersedia di Rumah Makan Apung yang mengapung di atas danau Rawa Pening. Adapun menu khas yang ditawarkan adalah sajian nila, gurami, dan lele hasil panen dari danau Rawa Pening. Selain itu, terdapat juga Rumah Joglo yang bisa dimanfaatkan untuk acara-acara besar seperti pernikahan. Jika ingin bermain, tersedia wahana permainan seperti ATV, JetSky, perahu karet, perahu motor, perahu kayu, becak air, hingga becak mini yang bisa didapatkan dengan membayar tiket terusan sebesar Rp90.000 per orang (untuk hari biasa) dan Rp100.000 per orang (untuk hari Minggu atau libur).

  • Gua Maria Kerep

Gua Maria Kerep berlokasi di Jalan Tentara Pelajar No. 81, Kerep, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Tempat ini merupakan tempat ziarah bagi umat beragama Katholik. Meskipun begitu, Gua Maria Kerep terbuka untuk pengunjung umum. Didirikan sejak tahun 1954, Gua Maria Kerep memiliki sebuah patung Bunda Maria yang memiliki ketinggian 42 meter (23 meter untuk tinggi patung dan 19 meter untuk tinggi penopangnya). Di bawah patung tersebut terdapat lukisan kehidupan Yesus. Pada area dalam, terdapat Gua Maria dan hijaunya taman yang terhampar dengan dikelilingi pepohonan. Pengunjung dapat duduk di sekitar taman sembari merasakan sejuknya angin yang berembus. Pengunjung juga dapat berkeliling untuk melihat-lihat diorama dari beberapa kisah di dalam Alkitab. Apabila ingin berbelanja oleh-oleh, tenang saja karena di Gua Maria Kerep terdapat toko-toko souvenir yang dapat dikunjungi.

Nah, itulah beberapa tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika sedang berada di Ambarawa. Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi liburanmu selanjutnya ya!

Tulisan Terkait

Tinggalkan balasan Anda di sini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *