Eksplorasi Keindahan 3 Warna Air Laut Di Pantai Tiga Warna

Eksplorasi Keindahan 3 Warna Air Laut Di Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna merupakan salah satu pantai yang sangat terkenal dan favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke malang. pantai ini sudah viral di Media Sosial, bahkan sudah banyak dieksplore oleh acara Stasiun Televisi. pantai tiga warna merupakan pantai yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang. Dari kota Malang menuju pantai Tiga Warna harus menempuh jarak 72 Km.

Akses menuju pantai ini bisa melalui 2 jalur, yaitu bisa melewati jalur Turen atau Bantur. Kalau anda melewati jalur turen, jarak yang akan ditempuh sampai ke lokasi sekitar 2 jam. Namun apabila anda melewati jalur bantur, dimana anda harus melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) jarak tempuhnya akan lebih lama, mungkin sekitar 4 jam. Pantai Tiga Warna dibuka pada tahun 2014 dan sampai saat ini pantai Tiga Warna masih menjadi salah satu tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Pantai tiga warna memiliki keunikan dan ciri khas sesuai dengan namanya Tiga Warna, memiliki degrasi 3 warna air yang berbeda yaitu merah, hijau dan biru. Pantai tiga warna selain menawarkan keindahan alam yang masih alami dan terjaga, namun juga terdapat konservasi dan edukasi. Pantai Tiga Warna masuk ke dalam Clungup Mangrove Conservation (CMC) yang dikelola oleh Kelompok Masyarakat Pengawas (POKMASWAS) Gatra Olah Alam Lestari binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur.

Pengembangan konservasi ini dimulai sejak tahun 2013 sampai ini dengan luas area konservasi mencapai 81 Ha. Kegiatan yang dilakukan antara lain pembibitan, penanaman magrove, transplantasi terumbu karang dan pendidikan pada generasi usia dini melalui kegiatan yang dinamakan merine education yang mana didalamnya diajarkan tentang keselamatan ekosistem, penetasan telur penyu dan tentunya transplantasi terumbu karang.

Pantai Tiga Warna memiliki 2 jalur masuk, yaitu melalui sektor timur dan barat. Kedua sektor tersebut memiliki keunggulan dan kekurangan. Jika anda melalui sektor timur, anda akan menaiki perahu untuk menuju ke lokasi. Ini merupakan jalur tercepat apabila ingin menuju ke Tiga Warna. Namun apabila melalui sektor barat, anda harus berjalan kaki dari pos utama, menyusuri hutan magrove dan melewati beberapa pantai seperti clungup dan gatra. Apabila anda suka kegiatan outdoor, saya sarankan masuk lewat sektor barat.

Melalui jalur ini anda akan mendapatkan paket lengkap, yaitu anda bisa menikmati 2 pantai sebelum ke Tiga Warna dan anda juga bisa berkemah disitu. Pantai tiga warna masuk dalam kawasan Marine Protected Area (MPA) yaitu dimana dalam sehari, pengunjung hanya dibatasi sejumlah 100 orang. Setiap pengunjung yang masuk ke wilayah pantai tiga warna akan diperiksa barang bawaannya dan akan dicek kembali ketika keluar.

Apabila ada barang yang kurang, maka akan dikenakan denda oleh panitia. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam disitu. Biaya tiket masuk ke Pantai Tiga Warna yaitu Rp 100.000 per orang. Untuk biaya guide anda harus membayar Rp 100.000 per 10 orang. Setiap pengunjung hanya dibatasi waktu 2 jam berada dikawasan Tiga Warna. Maka tak heran apabila pantai Tiga Warna selalu sepi.

Perbedaan pantai Tiga Warna dengan pantai lainnya yaitu pantai Tiga Warna memiliki beberapa prosedur dan peraturan yang sangat ketat. Untuk menuju ke Pantai Tiga Warna, anda harus memesan jauh hari karena jumlah pengunjung dibatasi. Namun jangan khawatir, anda akan mendapatkan fasilitas yang sangat mahal yaitu anda bisa bisa berenang dan snorkling untuk melihat keindahan biota bawah laut.

Selain itu anda juga dapat menyusuri mangrove dengan menaiki perahu, mengunjungi rumah apung dan juga bisa langsung melakukan konservasi mangrove seperti menanam bibit, dan melepas anak penyu. Tentu anda akan memiliki pengalaman yang berharga yang tidak akan anda dapatkan ditempat lain. Selain anda refreshing anda juga bisa melakukan konservasi langsung, sehingga anda bisa dikatan orang yang peduli dengan lingkungan. Pantai Tiga Warna buka setiap hari kecuali hari kamis, karena diadakan kerja bakti untuk konservasi dikawasan tersebut.

Tulisan Terkait

Tinggalkan balasan Anda di sini

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *